Apa itu VMWare?

Image result for vmware
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

A. Pendahuluan 
     Hai sobat blogger, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel menarik tentang vmware, sebelum saya melanjutkan Apakah sobat blogger tau apa itu VMWare? Jika sobat blogger tidak tau dan belum paham tentang VMWare silahkan di baca artikel admin jaargh pada kali ini.

1. Pengertian 
    VMware adalah teknologi buatan Dell yang menyediakan platform perangkat lunak (software) untuk melakukan virtualisasi.

2. Latar Belakang 
    Melatar belakangi agar menambah wawasan para pembaca blog ini.

3. Maksud dan Tujuan 
    Mempunyai maksud agar pembaca paham dan kenal tentang Mesin Virtual selain Virtual Box.

4. Hasil yang Di Harapkan 
    Di harapkan pembaca dapat paham dan mengenal software VMware.

B. Alat dan Bahan 
  • PC/Laptop
  • Koneksi Internet (Bila perlu)
C. Jangka Waktu Proses Pelaksanaan Kegiatan 
  • 1 Jam 
D. Proses dan Tahapan Pelaksanaan Kegiatan
1. Pengertian 
    VMware adalah teknologi buatan Dell yang menyediakan platform perangkat lunak (software) untuk melakukan virtualisasi. Software VMware untuk komputer desktop bisa dijalankan di Windows, Linux dan macOS. Sementara software untuk server yang bernama VMware ESXi adalah sebuah hypervisor yang bisa dijalankan secara langsung di server tanpa memerlukan tambahan sistem operasi pendukung. VMware dibangun pada tahun 1998 dan dijalankan secara rahasia pada tahun pertamanya, dengan jumlah pegawai sekitar 20 orang saja. Pada tahun keduanya akhirnya perusahaan tersebut diluncurkan secara resmi, dengan produk pertamanya yaitu VMware Workstation.

    Pada tahun 2001 mereka masuk ke pasaran server dengan produk VMware GSX Server dan VMware ESX Server. Tahun 2003 muncul VMware Virtual Center, VMotion, dan teknologi Virtual SMP, lalu tahun 2004 ditambahkan dukungan terhadap 64 bit. Di tahun yang sama, perusahaan tersebut diakuisisi oleh EMC.
Image result for kantor vmware
Salah satu ruangan di dalam kantor cabang VMWare
2. Sejarah VMWare
    Pada tahun 1960 an IBM mengenalkan konsep virtualisasi pada produk Mainframenya, dimana pada sebuah Mainframe dapat dibangun virtual machine – virtual machine dengan memanfaatkan resource dari Mainframe IBM yang sangat besar. Tahun 1980 an teknologi komputer x86 mulai terkenal dan banyak digunakan. Pada Tahun 1998 VMware didirikan oleh sepasang suami istri  Diane Greene, Mendel Rosenblum, dan tiga orang ahli komputer yaitu Scott Devine, Edward Wang dan Edouard Bugnion

    Tahun 1999 VMware berhasil memvirtualisasikan Computer berbasis X86 tepatnya pada bulan may 1999 dengan produk pertamanya yaitu VMware workstation. Bulan Mei tahun 2013, VMware vCloud Hybrid diluncurkan Layanan di Palo Alto markas baru (vCloud Hybrid Layanan sekarang dikenal sebagai vCloud Air), mengumumkan awal akses program di pusat data Las Vegas. Layanan ini dirancang berfungsi sebagai perpanjangan dari instalasi vSphere pelanggan yang sudah ada, dengan kompatibilitas penuh dengan mesin virtual yang ada virtual dengan perangkat lunak VMware dan jaringan yang terintegrasi. Layanan ini didasarkan pada vCloud Director 5.1 / vSphere 5.1.

    Pada bulan September 2013 pada VMworld San Francisco, VMware mengumumkan ketersediaan umum vCloud Hybrid Service dan ekspansi ke Sterling, Virginia , Santa Clara, California , Dallas, Texas , dan layanan beta di Inggris. Hal ini juga pra-mengumumkan Disaster Recovery dan Desktop as-a-service victim berdasarkan Desktone, yang melanjutkan untuk mengakuisisi pada bulan Oktober 2013.

Hingga saat ini produk produk mesin virtualisasi VMWare terus berkembang sangat pesat.

3. Manfaat Menggunakan VMWare
Beberapa manfaat menggunakan VMWare adalah sebagai berikut : 
  • Untuk keperluan uji program (trial and error), tidak perlu me-restart PC untuk beralih sistem operasi (dual boot) atau berpindah computer.
  • Dapat mengembangkan piranti lunak multiplatform dengan cepat karena adanya lebih dari sistem operasi yang berjalan bersamaan.
  • Dapat menambah intensitas penggunaan komputer tanpa harus memebeli atau menambah komputer.
  • Bermigrasi dengan mudah dari satu sistem operasi ke sistem operasi lain tanpa harus takut kehilangan data karena salah partisi.
  • Dapat membuat jaringan antar PC dengan mesin virtual walaupun PC tidak terpasang Network card maupun hub atau switch. VMware akan secara otomatis menyediakannya.
  • Vmware mmeberikan fleksibilitas penggunaan system operasi secara bersamaan, sehingga bisa mempelajari sistem operasi yang berbeda tanpa harus kehilangan banyak waktu.
4. Cara Kerja VMWare
    Cara kerja VMWare adalah sistem akan melakukan peniruan dan membuat versi virtual atau imitasi dari hardware komputer yang kita gunakan. Dalam hal ini maka sistem akan membuat versi virtual dari media penyimpanan, CPU, RAM, CD ROM, dan berbagai macam hardware lainnya yang merupakan komponen penting dari sebuah komputer fisik. Keseluruhan versi virtual dari berbagai komponen tersebut akan membentuk sebuah mesin virtual yang bisa kita gunakan.
cara kerja VMware
    Sebuah software bernama Hypervisor bertugas untuk mengatur alokasi sumber daya dari komputer fisik yang akan digunakan oleh komputer virtual. Sistem operasi yang dipasang pada mesin virtual disebut sebagai guest OS dan akan dijalankan di luar dari sistem operasi utama. OS utama biasa disebut dengan host OS, kinerja dari OS utama tidak akan terpengaruh dari apa yang terjadi di guest OS. Bahkan kita bisa membuat lebih dari satu guest OS yang berbeda dalam sebuah komputer fisik saja. Namun tentu saja perlu diperhatikan juga mengenai spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan VMware dengan baik.

5. Jenis - Jenis VMWare
  • Untuk Virtualisasi Data Center dan Insfrastruktur Cloud - Jika yang kamu butuhkan adalah untuk keperluan virtualisasi di data center dan infrastruktur cloud, maka versi VMware yang tepat untuk kamu pilih adalah seri VMware vCloud, vSphere, dan vCenter.
  • Untuk Manajemen Data Center dan Cloud - Jika yang kamu butuhkan adalah memanage data center dan cloud dengan built in tools untuk keperluan otomasi dari manajemen VM, maka versi VMware yang tepat untuk kamu pilih adalah seri VMware vRealize.
  • Untuk Infrastruktur as a Service - Jika yang kamu butuhkan adalah untuk implementasi hybrid cloud yang reliable dan aman di data center kamu, serta ingin mendeploy aplikasi aplikasi kamu secara cloud, maka versi VMware yang tepat untuk kamu pilih adalah seri VMware vCloud Air.
  • Untuk Virtualisasi Desktop dan Aplikasi (Kelas Enterprise) - Jika kamu adalah IT admin dari perusahaan atau enterprise dan ingin memberikan Windows Desktop, aplikasi, ataupun layanan online kepada end user melalui virtual data center, virtual machine, ataupun physical device, maka yang kamu butuhkan adalah VMware seri Workspace Suite, Horizon, App Volumes, User Environment Manager, Mirage, ataupun ThinApp.
  • Untuk Aplikasi dan Data Platform - Bagi kamu yang punya aplikasi dan ingin di-skala melalui virtual infrastruktur, maka versi VMware yang tepat untuk kamu pilih adalah seri VMware Pivotal. Seri ini cocok sekali bagi kamu developer yang ingin menjadikan apps kamu bisa diakses melalui cloud dan bisa di skala dengan mudah.
  • Untuk Personal Desktop - Inilah versi VMware yang paling banyak digunakan untuk keperluan sehari-hari. Jika kamu hanya ingin membuat virtual machine di PC, baik itu untuk keperluan testing OS, coba-coba OS, membuat sistem terisolasi, ataupun menjalankan OS lain secara virtual, maka yang perlu kamu lihat hanyalah seri VMware Workstation.
E. Hasil yang Di Dapatkan 
     Dapat memahami tentang pengertian vmware, jenis, cara kerjanya dan manfaatnya. 

F. Temuan Permasalahan 
     Belum menemukan masalah saat mempelajari tentang VMWare.

G. Kesimpulan
     Dapat di simpulkan bahwa vm ware adalah alternatif untuk alat atau mesin virtual untuk membuat sistem operasi di dalam sistem operasi.

H. Referensi 
Sekian yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat. 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 



1 komentar: