Memanfaatkan Fitur Web Proxy Pada Mikrotik Router Board


Image result for web proxy
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

A. Pendahuluan 
     Hai guys, pada kali ini ane akan share cara menggunakan web proxy untuk memblokir sebuah situs yang tidak berguna dan di alihkan ke situs/blog kita. Oke tanpa basa basi langsung saja mari kita bahas.

1. Pengertian
    Proxy server (peladen proxy) adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.

2. Latar Belakang 
    Kita sebagai pengguna internet sangat tidak menginginkan situs atau web yang mengandung unsur tidak bermanfaat misalnya situs porno atau yang lainnya, nah untuk itu saya ingin membagikan sebuah tutorial agar web yang tidak bermanfaat tersebut di alihkan ke web yang bermanfaat misalnya kaskus atau yang lainnya.

3. Maksud dan Tujuan 
    Bermaksud ingin membagikan sebuah artikel yang bertujuan untuk menambah wawasan para pengguna internet bagaimana/cara mengatasi hal ini.

4. Hasil yang Di Harapkan
    Dapat mengkonfigurasikan sebuah routerboard dan memanfaatkan fitur web proxy untuk memblokir sebuah situs yang tidak berguna atau berbahaya dan mengalihkannya ke situs yang memiliki manfaat.

B. Alat dan Bahan 
  • PC/Laptop (Sebagai Client)
  • Mikrotik RouterBoard (Tipe Terserah Sobat)
  • Kabel Straight 
C. Jangka Waktu Pelaksanaan Kegiatan 
  • 1 Jam (6 Kali Pengulangan)
D. Proses dan Tahapan Pelaksanaan Kegiatan 
1. Persiapkan alat dan bahan di atas, lalu login ke winbox dan konfigurasikan router sobat agar terhubung ke internet.
2. Tahap pembuatan web proxy pun di mulai, aktifkan web proxy dengan cara klik IP> Web Proxy> Enable, lalu Apply & OK.
2. Buka menu IP> Firewall> NAT klik "+" lalu ikuti konfigurasinya persis pada gambar di bawah ini.
3. Masih pada NAT Rule, klik submenu Action, pilih tipe Action nya Redirect. Kegunaan redirect ini adalah untuk mengalihkan ke halaman lain.
4. Kembali lagi pada menu Web Proxy lalu klik Access, dan tambahkan konfigurasi seperti di bawah.
  • Dst. Host : *playboy* (Contoh situs yang akan di tuju, untuk situs terserah sobat)
  • Action : Deny (Menolak request atau permintaan client untuk mengakses halaman yang di tuju)
Klik Apply dan OK. 
5. Lalu coba buka situs www.playboy.com jika muncul error seperti berikut maka tandanya sudah berhasil menggunakan web proxy. Sampai di sini sobat sudah berhasil tetapi belum di konfigurasikan agar di alihkan ke halaman lain.
6. Kembali pada konfigurasi web proxy tadi, tambahkan pada form Redirect To (Arti: Alihkan Ke), isikan alamat situs terserah sobat, di sini saya isi alamat blog saya. Lalu klik Apply & OK, lalu coba buka situs www.playboy.com jika sobat di alihkan ke situs lain maka penggunaan fitur web proxy sudah berhasil.
>> Penggunaan Web Proxy Untuk Memblokir Ekstensi
1. Klik ikon "+" pada menu Access tadi, lalu isikan Path dengan ekstensi terserah sobat, saya di sini mengisinya dengan ekstensi *.zip* (Jika  diperhatikan, penulisan dst-host tidak menggunakan alamat website lengkap akan tetapi menggunakan tanda bintang (*) di depan dan belakang nama/alamat website. Tanda * dimaksudkan sebagai wildcard untuk menggantikan semua karakter. Dengan ditambahkan wildcard, traffic client yang mendownload ekstensi .zip akan diblock). Klik Apply dan OK.
 2. Lalu saya akan mencoba download file yang ber-ekstensi .zip seperti di bawah ini.
3. Saya di alihkan ke halaman seperti berikut, itu tandanya sudah berhasil memblok file ber-ekstensi .zip.
E. Hasil yang Di Dapatkan 
     Saya dapat mengkonfigurasikan Mikrotik Router Board dan memanfaatkan fitur web proxy untuk mengalihkan halaman yang berbahaya ke halaman yang tidak berbahaya.

F. Temuan Permasalahan
    Untuk masalah saya lupa mengkonfigurasikan NAT sehingga saya gagal saat membuka situs www.playboy.com maka saya mencoba untuk cek dari awal sehingga saya berhasil.

G. Kesimpulan 
     Dapat di simpulkan bahwa penggunaan fitur web proxy pada Mikrotik Router Board bermanfaat bagi pengguna internet atau warnet sehingga saat pengguna membuka situs yang tidak baik akan di alihkan atau di blok.

H. Referensi 
Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar