Tantangan Manajemen IT di Dunia Berkembang

Related image
Assallamu'alaikum Wr. Wb. 

A. Pendahuluan 
     Hai sobat blogger pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah postingan mengenai Informasi Teknologi atau yang lebih tepatnya akan saya bahas di sini adalah Bagaimana sih agar kita bisa mengimbangi IT (Informasi Teknologi) di Dunia Berkembang? Buat yang pengen tahu langsung saja simak pembahasan saya kali ini!. 

1. Pengertian
    Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. 

2. Latar Belakang
    Postingan ini di tujukan untuk kita tahu bagaimana agar kita sebagai SDM bisa mengimbangi teknologi informasi yang semakin berkembang pesat di dunia. 

3. Maksud dan Tujuan
    Mempunyai maksud dan tujuan agar kita tahu apa itu Informasi Teknologi dan bagaimana kita mengimbanginya di dunia yang berkembang pesat sekarang. 

4. Hasil yang Di Harapkan
    Hasil yang di harapkan adalah kita sebagai SDM harus tahu konsep IT dan bagimana agar kita tidak kalah di kancah global. 

B. Alat dan Bahan
  • PC/Laptop
  • Koneksi Internet

C. Jangka Waktu Pelaksanaan Kegiatan
  • 45 Menit
D. Proses dan Tahapan Pelaksanaan Kegiatan
>> Tantangan IT di dunia Berkembang :
1. Infrastruktur :
    Infrastruktur berarti merujuk pada fisik, tantangan nyata didunia berkembang pada bidang ini adalah keterbatasan akses dan jaringan. Salah satu contohnya adalah saat ini belum semua wilayah dinegara kita dapat mengakses internet, dikarenakan masih terdapat daerah yang belum memilik tower untuk menangkap dan menyebarkan sinyal.

2. Sumber Daya Manusia
    Tantangan selanjutnya adalah sumber daya manusia yang masih rendah, dunia berkembang masih banyak orang yang awam dengan apa itu IT. Terdapat sekelompok orang juga yang sudah mengetahui dan menggunakan perangkat IT tetapi kurang bisa memanfaatkan fitur IT dengan benar.
    Mutu SDM yang rendah dapat dipengaruhi oleh mutu pendidikan yang rendah, metode pendidikan yang saat ini ditanamkan masih kurang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman IT kepada pelajar. SDM yang rendah dapat diatasi dengan pendidikan formal, informal, sertifikasi dan lain sebagainya. Asalkan dengan metode yang benar dan kemauan yang kuat dari SDM sendiri.
    Penyebab lain SDM rendah adalah salah posisi dalam penempatan seseorang di suatu pekerjaan. Salah posisi dimaksudkan tidak tepatnya individu ditempatkan dalam suatu pekerjaan yang tidak sesuai dengan keahliannya.

3. Manajemen dan Tata Kelola
    Dari segi dasar aturan hukum, manajemen dan tata kelola ini dimaksudkan peraturan yang berkenaan dengan dunia IT tersebut. Masih banyak sekali orang-orang yang tidak bertanggung jawab dalam memanfaatkan fitur suatu teknologi, diantaranya melakukan hal-hal negatif didunia internet seperti mencuri data, melakukan penipuan, menyebarkan berita bohong yang dapat menimbulkan kericuhan dan lain sebagainya.
    Kejahatan di dunia teknologi tersebut disebabkan karena kurangnya kesadaran akan hukum yang mengatur pelanggaran-pelanggaran dalam dunia teknologi. Kejahatan dapat diatasi dengan memberikan sosialisasi kepada pengguna IT didunia berkembang sehingga dapat memahami peraturan yang diberlakukan.
    Perlu diberlakukannya aturan tata kelola dan standar baku SOP terkait penggunaan perangkat IT.

4. Sumber Dana 
    Untuk membangun IT yang baik diperlukan sumber dana yang cukup. Sumber dana digunakan untuk membeli komponen-komponen yang dibutuhkan sesuai dengan perancanaan pembangunan.

5. Tuntutan Perkembangan Tekologi 
    Salah satu pemicu tuntutan perkembangan teknologi adalah kemajuan teknologi yang sangat pesat. Dengan perkembangan "software" dan "hardware" yang semakin pesat kita harusnya sadar, kita juga harus meningkatkan "brainware" kita. Karena jika hal tersebut tidak dilakukan, kita hanya akan menjadi bangsa pembeli dan tidak pernah menjadi bangsa penjual yang lebih dihagai.
    Terkadang apabila brainware ingin maju, namun terkendala oleh Kebijakan Pemerintah. Kebijakan pemerintah justru terkadang membuat mati kreatifitas anak bangsa yang ingin berekspresi. Sehingga pemerintah harusnya memberikan kebijakan yang memihak kepada anak bangsa.

E. Hasil yang Di Dapatkan
     Paham akan Informasi Teknologi dan paham bagaimana cara kita mengimbangi nya. 

F. Temuan Permasalahan
     Selama proses diskusi dan sharing belum menemukan masalah sama sekali.

G. Kesimpulan
     Tantangan IT di dunia berkembang memang sangat beragam, sehingga kita perlu berbenah agar kita tidak tertinggal oleh kemajuan bangsa lain.

H. Referensi
Demikian yang dapat saya bagikan di postingan saya kali ini, semoga bermanfaat. 

Wassallamu'alaikum Wr. Wb. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar