Installasi Proxmox Di Server


Assallamu'alaikum Wr. Wb.

A. Pendahuluan 
     Pada kesempatan kali ini saya akan memposting mengenai Installasi Proxmox di 1 Server Fisik. Seharusnya postingan ini sudah saya posting hari Senin, 17 Juli lalu karena laptop saya terkendala WiFi yang susah konek ke Hotspot makannya saya baru bisa posting hari ini, langsung saja di simak.

1. Pengertian 
    Proxmox adalah distribusi Linux berbasis Debian dengan kernel LTS Ubuntu 4.4 yang dimodifikasi dan memungkinkan penyebaran dan pengelolaan mesin virtual dan kontainer. Proxmox VE menyertakan konsol Web dan alat baris perintah, dan menyediakan REST API untuk alat pihak ketiga. Dua jenis virtualisasi didukung: berbasis kontainer dengan LXC (mulai dari versi 4.0 yang menggantikan OpenVZ yang digunakan dalam versi hingga 3.4, termasuk]), dan virtualisasi penuh dengan KVM.

2. Latar Belakang
    Kebutuhan server untuk apa saja misal E-Learning, Portal Managemen Sistem Pendidikan, Pembuatan Website Sekolah, Radio Streaming dan masih banyak yang lainnya.

3. Maksud dan Tujuan 
    Mempunyai maksud agar pembaca paham selama ini yang terdapat di balik Internet yang setiap hari mereka gunakan adalah sebuah Server dan Proxmox adalah salah satu Sistem Operasi yang du=i gunakan di server tersebut.

5. Hasil yang Di Harapkan 
    Hasil akhir yang di harapkan adalah setelah installasi server dapat mengimplementasikan installasi seperti yang saya sebutkan di bagian Latar Belakang di atas.

B. Alat dan Bahan
C. Jangka Waktu Pelaksanaan Kegiatan
    •  1 Jam
    D. Proses dan Tahapan Pelaksanaan Kegiatan
    1. Jadikan FlashDisk atau CD sebagai bootable Proxmox.
    2. Setting BIOS di PC agar bisa booting melalui FlashDisk atau CD.
    3. Jika langkah di atas semua sudah, maka PC akan booting ke tampilan awal Proxmox seperti di bawah ini. lalu pilih opsi Install.

    4. Pilih opsi I Aggree/Setuju di tampilan berikut ini.
    5. Pada step berikut ini Proxmox akan menyuruh memilih Harddisk sebagai sistem Installasinya, lalu Proxmox akan mereset Harddisk Anda dan di harapkan Anda telah mem-Backup data anda.
    6. Atur zona waktu Proxmox, pilih zona waktu Indonesia.
    7. Selanjutnya berikan password dan email kalian untuk monitoring dan mengirim segala bentuk informasi. 
    8. Berikan juga ip address pada proxmox agar bisa remote via web browser saat terhubung dengan Proxmox melalui laptop dan klik Next.
    9. Tunggu proses installasi Proxmox hingga selesai.
    10. Jika proses Installasi Proxmox sudah selesai silahkan buka web browser Anda saya sarankan gunakan Mozilla Firefox untuk membuka Proxmox nya. Lalu masukkan IP Proxmox yang tadi sudah di berikan dengan syarat masih 1 jaringan, masukan IP ke kolom URL Mozilla Firefox, misalnya IP Proxmox nya adalah https://192.168.9.2:8006/ 
    11. Setelah memasukkan Username dan Password dan klik Login maka akan muncul tampilan seperti berikut ini, maka Proxmox sudah berhasil di Install di Server Anda.

    E. Hasil yang Di Dapatkan
         Proxmox dapat di gunakan untuk meremote server. 

    F. Temuan Permasalahan 
         Belum menemukan masalah saat proses installasi Proxmox ini. 

    G. Kesimpulan 
         Dapat di simpulkan jika Proxmox dapat di gunakan untuk meremote server juga GUI nya yang friendly dan mudah untuk menggunakannya.

    H. Referensi 
    Terimakasih untuk SMK N Takeran yang sudah mengijinkan saya untuk menggunakan screenshoot/foto saat proses Installasi Proxmox. Sekian yang dapat saya posting kali ini, semoga bermanfaat.

    Wassallamu'alaikum Wr. Wb.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar