Blokir Situs Menggunakan MikroTik Router Board

Image result for blokir situs
Assallamu'alaikum Wr. Wb.

A. Pendahuluan
     Hai teman-teman, pada postingan kali ini saya akan mempraktekkan Blokir Situs atau Website Menggunakan MikroTik RouterBoard. Mari disimak^_^

1. Pengertian  
    Blokir adalah aksi yang diambil untuk menghentikan orang tertentu mengakses informasi. Jika sebuah situs web mengaktifkan pemblokiran berdasarkan alamat IP pengguna, blokirnya dapat mempengaruhi pengguna lain yang berbagi alamat IP. Beberapa pengguna yang diblokir mencoba untuk menghindari pemblokirannya dengan membuat akun yang lain atau menggunakan proxy server.

2. Latar Belakang 
    Maraknya situs/website yang tidak sesuai dengan peraturan perundang2an (situs negatif) yang dapat merusak moral para penerus Bangsa Indonesia.

3. Maksud dan Tujuan
    Bermaksud memblokir situs yang bersifat negatif dan menerapkan internet sehat kepada semua masyarakat luas.

4. Hasil Yang Di Harapkan
    Mampu memblokir situs berbau negatif menggunakan MikroTik Router Board.

B. Alat dan Bahan
  • PC/Laptop.
  • Kabel LAN yang terkoneksi dengan internet.
  • Router Board (saya menggunakan RB bertipe RB951). 
  • Kabel UTP dengan crimpingan Straight.
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
  • 1 Jam
D. Tahapan Pelaksanaan 
1. Login ke RouterBoard anda melalui WinBox 
2. Buka menu IP> Firewall> Filter Rules, Klilk ikon (+) 
3. Isikan konfigurasinya seperti gambar di bawah ini. 
  • Tab General, di menu Chain isikan Forward
4. Buka Tab Advanced, lalu atur konfigurasinya seperti berikut ini. 
  • Tab Advanced, di menu Content isikan situs yang akan anda blokir, sebagai contoh di atas saya mengisikan situs blibli.com 
5. Lalu masuk ke Tab Action, dan konfigurasikan seperti berikut ini. 
  • Tab Actin di menu Action isikan Drop, tekan Apply dan Ok. 

E. Hasil Yang Didapatkan 
     Hasil akhir yang saya dapatkan yaitu saya dapat memblokir suatu situs dengan Router Board. 

F. Temuan Permasalahan
    Selama saya mengkonfigurasikan saya belum menemukan masalah yang saya hadapi. 

G. Kesimpulan
     Dari konfigurasi tersebut dapat kita simpulkan bahwa jika kita memblokir suatu situs yang berbau negatif berarti kita juga sudah menerapkan internet sehat meskipun di Keluarga kita sekalipun. 

H. Referensi 
Demikian yang dapat saya bagikan pada postingan saya kali ini, jika ada kekurangan tentang postingan saya kali ini mohon untuk menuliskan kekurangan saya di komentar, semoga bermanfaat.

Wassallamu'alaikum Wr. Wb. 



     



Tidak ada komentar:

Posting Komentar